PEMERINTAH DESA DUNGMIRI

Artikel

MENGENAL TRADISI NYADRAN WARGA DESA DUNGMIRI

13 Juli 2023 12:39:48  PUTRI Anggraheni  95 Kali Dibaca  Berita Desa

Pada hari ini Kamis (13/7/2023) puluhan warga berbondong-bondong memadati Kantor Desa Dungmiri untuk mengadakan bersih dusun atau sadranan sebutan lain sedekah bumi. Nyadran berasal dari bahasa Sanskerta “Sraddha”yang artinya keyakinan.

Warga hadir pada acara nyadran dengan membawa ambeng berisi ayam panggang. Karena kegiatan tersebut sudah menjadi salah satu tradisi lokal di tanah Jawa. hal ini pun disambut positif oleh semua kalangan masyarakat Desa Dungmiri yang menilai kegiatan bersih desa menjadi momentum yang tepat untuk nguri-nguri budaya leluhur. Nyadran merupakan salah satu tradisi yang masih lekat dalam kehidupan masyarakat Jawa.

Kepala Desa Dungmiri mengatakan bersih dusun menjadi salah satu kegiatan yang kental akan budaya, sebab didalamnya terdapat serangkaian kegiatan yang menjunjung tinggi nilai luhur dan adat istiadat. Beliau juga menegaskan melestarikan budaya menjadi kewajiban bagi setiap warga. Sebab salah satu Trilogi Bung Karno mengajarkan agar warga Indonesia Memiliki kepribadian yang berbudaya.

Tata cara pelaksanaan tradisi nyadran tidak hanya sekedar ziarah ke makam leluhur tetapi juga terdapat nilai-nilai sosial budaya seperti gotong royong, pengorbanan, ekonomi, menjalin silaturahmi, dan saling berbagi antar masyarakat di suatu lingkungan. Tradisi Nyadran dilakukan dengan kearifan lokal masing-masing sehingga dibeberapa tempat terdapat perbedaan-perbedaan dalam prosesi pelaksanaannya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next

 Komentar

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Merdeka No. 17
Desa : Dungmiri
Kecamatan : Karangjati
Kabupaten : Ngawi
Kodepos :
Telepon :
Email : dungmirikarangjati@ngawikab.go.id